7 Tips Agar Pencernaan Lancar dan Terhindar Dari Sembelit

Artikel Informasi Kesehatan Oleh Kesehatan Ibu dan Anak on Sabtu, 23 Juni 2012 | 16.23

Home » Penyakit » 7 Tips Agar Pencernaan Lancar dan Terhindar Dari Sembelit

Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) 7 Tips Agar Pencernaan Lancar dan Terhindar Dari Sembelit
Sakit Perut
Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) 7 Tips Agar Pencernaan Lancar dan Terhindar Dari Sembelit - Anda perlu buang air besar (BAB) secara teratur agar limbah hasil pencernaan tidak diserap kembali ke dalam darah Anda. Anda dapat melakukan beberapa cara pencegahan untuk mengatasi kondisi buang air besar yang macet atau sembelit.

Berikut 7 langkah yang dapat Anda lakukan agar sistem pencernaan lancar dan terhindar dari sembelit, seperti dilansir dari dari mindbodygreen, Sabtu (23/6/2012) yaitu:

1. Hentikan kebiasaan ngemil diantara jam makan
Jangan makan cemilan dahulu sebelum makanan yang Anda makan sebelumnya telah selesai dicerna. Jika jarak antara sarapan, ngemil dan makan siang terlalu sedikit, saluran pencernaan Anda akan mengalami penumpukan makanan dan akan menyebabkan sembelit.

2. Kurangi konsumsi makanan olahan
Makanan olahan atau makanan kemasan memiliki umur simpan tertentu dan biasanya mengandung pengawet yang tidak baik untuk kesehatan pencernaan.

3. Cegah dehidrasi
Salah satu alasan sembelit adalah karena Anda mengalami dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, usus besar adalah organ yang pertama kali merasakan akibatnya. Usus besar yang sehat memiliki persentase cairan yang sangat tinggi.

Tubuh Anda juga membutuhkan cairan dari usus besar untuk mendukung organ-organ tubuh lainnya. Oleh karena itu Anda perlu banyak minum air hingga 8 gelas per hari.

4. Kurangi konsumsi makanan yang sifatnya kering
Makanan yang kering seperti kacang, keripik, dan biskuit dapat menghambat proses pencernaan dan menyebabkan sembelit. Ketika Anda mengonsumsinya, perbanyaklah minum air putih.

5. Rajin Berolahraga
Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke usus dan meningkatkan motilitas gastrointestinal. Sehingga pencernaan lancar dan terhindar dari sembelit.

6. Pijat perut
Berikan pijatan lembut pada perut ketika sedang bersantai atau dalam keadaan perut yang tidak penuh. Hal ini akan membuat kondisi perut Anda rileks dan tenang sehingga mampu mencerna makanan dengan baik.

7. Tarik napas panjang
Luangkan waktu untuk menarik napas panjang, tujuannya adalah untuk meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan. Saat bernapas, sistem saraf Anda akan tenang dan mampu memperlancar proses pencernaan. - 7 Tips Agar Pencernaan Lancar dan Terhindar Dari Sembelit.

Artikel Terkait

2 komentar:

Illyasviel Von Einzbern mengatakan...

gan, maksud dari tips yang pertama itu maksudnya jarak antara makan siang & makan pagi itu ga boleh ngemil?
tolong ya gan saran2nya. Soalnya aku beberapa hari kebelakang suka BAB tapi susah.., keluar sih keluar, tapi sempet macet...,apalagi fesesnya itu lumayan gede. Jadinya bikin sakit ke anus. Nah gimana caranya agar ia bisa lunak? dulu aku kalo BAB suka lancar2 aja tapi sekarang nggak. Tolong ya gan bantuannya. Juga butuh berapa lama agar si fesesnya jadi lunak kayak dulu lagi???

luhur permono condro mengatakan...

kalo saya biasanya makan terung ungu yang dikukus2 biji dibuat makan malam, puji tuhan esok hari paginya, lancar,

Poskan Komentar